Pemikiran Al-Qabisi Sebagai Pokok Dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.61930/silabus.v1i1.39Keywords:
Metode Pendidikan, Al-Qabisi, Opini PendidikanAbstract
Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemikiran dan metode yang digunakan Al-Qabisi mengenai pendidikan khususnya pendidikan anak. Dengan adanya artikel ini agar dapat diterapkan kepada mereka yang sesuai dengan pemikiran Al-Qabisi dalam lingkup pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi literatur, melalui buku, artikel dan jurnal guna mengetahui bagaimana pemikiran Al-Qabisi dalam bidang pendidikan. Studi literatur ini memuat teori-teori yang relevan dengan permasalahan dalam penelitian Al-Qabisi. Dalam penelitian ini data yang relevan dikumpulkan dengan berbagai cara, yaitu dengan mempelajari literatur, mempelajari literatur, dan mencari di internet. Al-Qabisi adalah seorang pemikir pendidikan yang hebat. Sebab ia menjadi salah satu pemikir Islam klasik yang banyak bersinggungan dengan persoalan pendidikan. Beliau antara lain membahas tentang landasan pendidikan, tujuan pendidikan, konsep pendidikan anak, kurikulum pendidikan, metode dan teknik pembelajaran, pengelolaan kelas dan demokrasi pendidikan. Al-Qabisi adalah seorang ulama besar pada abad ke 3 Hijriah. Beliau adalah seorang ulama yang terkenal dalam ilmunya, khususnya di bidang fiqih dan hadis. Ia mempelajari ilmu fiqih khususnya di mazhab Maliku yang saat itu sedang berkembang pesat. Pemikirannya yang paling terkenal adalah mengenai pembagian kurikulum, yaitu membagi antara kurikulum wajib dan kurikulum pilihan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andi Ahmad Dhanil, Dodi Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.