Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Masa Ibnu Taimiyah
DOI:
https://doi.org/10.61930/silabus.v1i2.121Keywords:
Pemikiran Ibnu Taimiyah, Konsep PendidikanAbstract
Pendidikan Islam ialah suatu bidang studi yang banyak menarik perhatian dari para ilmuwan. Pemikiran Ibnu Taimiyah ialah salah satu wujud pendidikan yang merespon berbagai masalah masyarakat Islam pada saat itu yang menuntut pemecahan secara strategis melalui jalur pendidikan. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu falsafah pendidikan, tujuan pendidikan, kurikulum, metode, bahasa pengantar dalam pengajaran dan perbandingannya dengan pendidikan kontemporer pada masa sekarang. Untuk memperoleh hasil penelitian, penulis menggunakan metode library research dengan pendekatan deskriptif yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kajian ini membahas teori dan pemikiran pendidikan intelektual muslim klasik Ibnu Taimiyah. Adapun metode pemikiran pendidikan Islam menurut Ibnu Taimiyah yaitu berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah melalui pemahaman yang mendalam dan jernih. Dalam penelitian ini penulis juga menganalisis pemikiran pendidikan sekarang terhadap pemikiranpendidikan Ibnu Taimiyah agar dapat diambil pembaharuannya sebagai inovasi yang patut diaplikasikan bagi dunia pendidikan Islam di Indonesia untuk saat ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Linda Agustin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.