Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa

Authors

  • Yunika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61930/silabus.v1i2.115

Keywords:

Strategi, Penanggulangan, Kenakalan Siswa

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kenakalan siswa dan upaya guru dalam menangani kenakalan siswa di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan analisis kualitatif dengan pendekatan historis, yaitu dengan mengumpulkan data kepustakaan dari berbagai sumber tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kenakalan siswa dan strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa, sehingga dilakukan pembahasan secara kualitatif atau menggunakan deskripsi tekstual. Penulisan dan pencarian data diperoleh melalui dokumen, khususnya dokumen tertulis yang berupa dokumen ilmiah. Sumber-sumber tersebut dapat diakses melalui berbagai cara seperti perpustakaan dan media online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kenakalan siswa adalah penyalahgunaan telepon seluler pada jam pelajaran, membolos, berkelahi, berperilaku dan berkata tidak sopan. Faktor penyebab kenakalan siswa yang mana, yaitu diri sendiri, landasan agama yang belum kokoh, lingkungan keluarga yang kurang mendapat kasih sayang/perhatian, kondisi perekonomian orang tua yang lemah, lingkungan sekolah yang kurang baik, bertambahnya usia memasuki masa dewasa. fase, lingkungan masyarakat, kurangnya implementasi ajaran ajaran agama yang konsisten. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu dengan melakukan metode keteladanan, pendekatan personal, pemberian nasehat. metode pembiasaan yang baik dan menjadikan peserta didik sebagai manusia yang baik beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Dan mempunyai akhlak yang mulia. melalui kebiasaan-kebiasaan yang baik dan positif tersebut dapat menjadikan peserta didik memperoleh kebaikan dan terbentuknya kepribadian yang mulia. Namun kebiasaan bergaul dengan teman yang tidak baik dapat menjadikan siswa terjerumus dalam perbuatan buruk yang melanggar nilai-nilai moral yang berlaku.

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Yunika. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa. SILABUS : Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 69–80. https://doi.org/10.61930/silabus.v1i2.115