Penerapan Konsep Digital Marketing Menuju Ekonomi Kreatif Bagi UMKM Desa Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah

Authors

  • Purdiantiwi Komalasari Program StudiAkuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH, Bengkulu
  • Helmi Herawati Program StudiAkuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH, Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.61930/melayani.v1i4.177

Keywords:

UMKM, Ekonomi Kreatif, Digital Marketing

Abstract

Digital marketing merupakan hal yang sangat penting di era sekarang bagi para UMKM. Desa Karang Tinggi Kecamatan Karang Tinggi merupakan desa yang memiliki banyak potensi termasuk ekonomi. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya UMKM yang ada di Desa Karang Tinggi. Namun, dalam upaya pemasarannya masih terbatas dan menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, UMKM ini memerlukan pelatihan mengenai pentingnya memanfaatkan pemasaran digital agar sistem pemasarannya dapat ditingkatkan. Hal ini bertujuan untuk membantu UMKM mencapai target pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan mereka. Penerapan kegiatan ini dilakukan melalui dua metode yang berbeda. Sosialisasi mengenai Digital Marketing dan Pendampingan Rebranding Produk. Setelah itu, UMKM juga akan mendapatkan bantuan dalam membuat akun bisnis di platform digital seperti Instagram, serta mendapatkan panduan untuk mengelola platform digital tersebut dengan efektif.Selain itu diadakan pendampingan berupa foto produk serta upgrade kemasan. Hasil dari pengabdian ini mencakup pembuatan akun dan Instagram, foto ptoduk UMKM, publikasi artikel ilmiah dalam jurnal nasional, dan laporan kegiatan. Pendekatan yang digunakan melibatkan pelatihan dalam bentuk sosialisasi dan tutorial tentang pembuatan akun di platform digital serta pengelolaan media digital. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari kegiatan ini, disarankan untuk memberikan pembimbingan secara rutin guna mengoptimalkan strategi pemasaran digital dan meningkatkan penjualan usaha UMKM.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Purdiantiwi Komalasari, & Helmi Herawati. (2024). Penerapan Konsep Digital Marketing Menuju Ekonomi Kreatif Bagi UMKM Desa Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah. Melayani: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 207–216. https://doi.org/10.61930/melayani.v1i4.177

Most read articles by the same author(s)