Pelatihan Peningkatan Kemampuan Editing Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster Bagi Guru Penjas Di Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.61930/melayani.v1i3.132Keywords:
Pelatihan, Editing, Video, Aplikasi KinemasterAbstract
Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan dalam rangka peningkatan kemampuan editing video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster bagi Guru Penjas Di Jayapura. Metode kegiatan yang digunakan dengan pendekatan Participatory Rural Appraisal melalui tiga tahapan; persiapan, pelaksanaan, refleksi dan diskusi. Hasil kegiatan ini berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan yakni untuk mengatasi kekurangan kemampuan dalam editing video dan meningkatkan kualitas pembelajaran bagi Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga dengan kemampuan mengedit video pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster dengan baik. Faktor penghambat kegiatan adalah jaringan yang kurang bersahabat dan kondisi Laptop yang terkadang lambat memproses. Selain itu, kegiatan ini memiliki batasan-batasan seperti subjek yang mengikuti pelatihan hanya Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Jayapura. Sebagai rekomendasi, kedepannya pada kegiatan serupa penting untuk memperhatikan kondisi jaringan terlebih dahulu, serta kesiapan peralatan yang digunakan oleh peserta seperti halnya Laptop. Selain itu, berkaitan dengan peserta kegiatan diharapkan kedepannya tidak hanya diikuti oleh Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga, akan tetap kiranya dapat diikuti pula oleh Guru bidang studi lain yang ada di Kota Jayapura.




