Pengaruh Ulasan Online ( Review Online ) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Esteh Indonesia Km 7,5 Palembang)

Authors

  • Syabrina Alya Ruwanti Ekonomi Syariah, Universitas Indo Global Mandiri
  • Nova Yanti Maleha Ekonomi Syariah, Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.61930/toman.v2i3.263

Keywords:

Ulasan Online, Keputusan pembelian, Esteh Indonesia, Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ulasan Online terhadap keputusan pembelian konsumen Esteh Indonesia. Dengan meningkatnya penggunaan platform digital dan media sosial, ulasan Online menjadi salah satu faktor penting dalam proses pengambilan keputusan konsumen. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada konsumen yang telah membeli produk Esteh Indonesia melalui platform Online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan Online memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dimana konsumen cenderung memilih produk dengan ulasan positif. 

Downloads

Published

2025-07-05

How to Cite

Syabrina Alya Ruwanti, & Nova Yanti Maleha. (2025). Pengaruh Ulasan Online ( Review Online ) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Esteh Indonesia Km 7,5 Palembang). TOMAN: Jurnal Topik Manajemen, 2(3), 731–746. https://doi.org/10.61930/toman.v2i3.263