Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Bisnis Di Lingkungan Baru (Studi pada Toko Sembako Carini di Kabupaten Brebes)
DOI:
https://doi.org/10.61930/toman.v2i1.186Keywords:
Strategi Bisnis, Analisis SWOT, Lokasi Strategis, Strategi PemasaranAbstract
Toko Sembako Carini merupakan salah satu toko yang menjual kebutuhan pokok di Desa Randusari, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya toko ini berlokasi di Kabupaten Bekasi tepatnya di salah satu wilayah yang dekat dengan industri tekstil. Dengan menggunakan berbagai strategi toko sembako ini masih bertahan hingga sekarang meskipun berada di lokasi yang kurang strategis dibanding lokasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi bisnis di lingkungan baru dengan menerapkan analisis SWOT meliputi faktor internal kekuatan (Strenghs) dan kelemahan (Weaknesess) serta faktor eksternal yaitu peluang (Opportunity) dan ancaman (Treats) . Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara dan studi kepustakaan dari internet. Hasil dari penelitian ini menunjukan berbagai strategi yang digunakan oleh Toko Sembako Carini beserta kelemahan dan kelebihan dari masing masing strateginya. Dari semua strategi yang paling berpeluang untuk menjadikan bisnis sembako ini lebih berkembang adalah strategi pemasaran dan pelayanan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ade Sofiyati, Bambang Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.