SILABUS : Jurnal Pendidikan Indonesia https://jurnal.sitasi.id/silabus <p><strong>SILABUS : Jurnal Pendidikan Indonesia</strong></p> en-US jurnal.silabus@sitasi.id (Sarifah) jurnal.silabus@sitasi.id (Picmotiv Publisher) Wed, 11 Sep 2024 02:40:53 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa https://jurnal.sitasi.id/silabus/article/view/115 <p><em>Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kenakalan siswa dan upaya guru dalam menangani kenakalan siswa di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan analisis kualitatif dengan pendekatan historis, yaitu dengan mengumpulkan data kepustakaan dari berbagai sumber tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kenakalan siswa dan strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa, sehingga dilakukan pembahasan secara kualitatif atau menggunakan deskripsi tekstual. Penulisan dan pencarian data diperoleh melalui dokumen, khususnya dokumen tertulis yang berupa dokumen ilmiah. Sumber-sumber tersebut dapat diakses melalui berbagai cara seperti perpustakaan dan media online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kenakalan siswa adalah penyalahgunaan telepon seluler pada jam pelajaran, membolos, berkelahi, berperilaku dan berkata tidak sopan. Faktor penyebab kenakalan siswa yang mana, yaitu diri sendiri, landasan agama yang belum kokoh, lingkungan keluarga yang kurang mendapat kasih sayang/perhatian, kondisi perekonomian orang tua yang lemah, lingkungan sekolah yang kurang baik, bertambahnya usia memasuki masa dewasa. fase, lingkungan masyarakat, kurangnya implementasi ajaran ajaran agama yang konsisten. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu dengan melakukan metode keteladanan, pendekatan personal, pemberian nasehat. metode pembiasaan yang baik dan menjadikan peserta didik sebagai manusia yang baik beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Dan mempunyai akhlak yang mulia. melalui kebiasaan-kebiasaan yang baik dan positif tersebut dapat menjadikan peserta didik memperoleh kebaikan dan terbentuknya kepribadian yang mulia. Namun kebiasaan bergaul dengan teman yang tidak baik dapat menjadikan siswa terjerumus dalam perbuatan buruk yang melanggar nilai-nilai moral yang berlaku.</em></p> Yunika Copyright (c) 2024 Yunika https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.sitasi.id/silabus/article/view/115 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0000 Media Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam https://jurnal.sitasi.id/silabus/article/view/116 <p><em>Belajar adalah proses kompleks yang melibatkan seseorang secara fisik dan mental sepanjang hidupnya. Proses pembelajaran terjadi karena adanya interaksi dalam lingkungan sekolah atau masyarakat. Oleh karena itu, belajar terjadi kapan saja dan di mana saja. Media pendidikan merupakan penyampaian informasi yang efisien dan efektif yang dapat diterima dan diingat oleh siswa. Untuk mempermudah proses belajar mengajar, guru dapat menggunakan media yang tepat dalam suatu pembelajaran. Media pendidikan memiliki tiga peranan, yaitu peranan menarik perhatian, peranan komunikasi, dan peranan ingatan atau penyampaian. Media yang digunakan dalam perspektif Islam adalah al-quran dan al-hadits.</em></p> Rachelia Copyright (c) 2024 Rachelia https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.sitasi.id/silabus/article/view/116 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0000 Konsep Strategis Pendidikan Islam https://jurnal.sitasi.id/silabus/article/view/117 <p><em>Pembicaraan tentang konsep strategis pendidikan islam ini mencakup pengertian istilah tarbiyah, ta’lim, ta’dib dan pendidikan islam. Analisis ini dimaksudkan untuk mendapatkan konsep yang lebih tepat tentang pendidikan islam. Artikel ini ditulis dalam tiga bab, Bab pertama berisi pendahuluan, kemudian Bab kedua berisi pembahasan yang dibahas yakni Konsep strategis dan Pendekatan Sistem Pendidikan Islam, dan selanjutnya pada Bab ke tiga berisi kesimpulan sekaligus penutup dari pembahasan. Pendidikan Islam itu adalah pembentukan kepribadian muslim, iman sekaligus amal. Pendekatan Sistem adalah suatu proses kegiatan mengidentifikasi kebutuhan, memilih problem mengidentigikasi syarat-syarat pemecahan problem serta memilih alternatif pemecahan problem yang paling tepat mengevaluasi hasil dan merevisi sebagaian atau seluruh sistem yang dilaksanakan sehingga memenuhi kebutuhan dalam memecah masalah secara lebih baik</em></p> Rafika Agustiana Copyright (c) 2024 Rafika Agustiana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.sitasi.id/silabus/article/view/117 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0000 Strategi Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia https://jurnal.sitasi.id/silabus/article/view/118 <p><em>Artikel ini mengkaji tentang bagaimana strategi pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Manusia merupakan makhluk yang memiliki kemampuan istimewa di antara makhluk lainnya. Kemampuan demikian dimaksudkan agar manusia menjadi individu yang dapat mengembangkan seluruh potensi sumber daya yang dimilikinya. Strategi pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM terdiri dari dua model, yaitu strategi pendidikan yang bersifat makro dan strategi pendidikan yang bersifat mikro. Strategi yang bersifat makro terdiri dari tiga komponen utama, yaitu pertama, tujuan pendidikan Islam yang mencakup pembentukan insan shaleh dan masyarakat shaleh. Kedua, dasar-dasar pokok pendidikan Islam yang menjadi landasan kurikulum. Ketiga, prioritas dalam tindakan yang meliputi penyerapan semua anak-anak yang mencapai usia sekolah, kepelbagaian jalur perkembangan, meninjau kembali materi dan metode pendidikan, pengukuhan pendidikan agama, administrasi dan perencanaan, dan kerja sama regional dan antar negara di dalam dunia Islam. Sedangkan strategi yang bersifat mikro hanya terdiri dari satu komponen saja, yaitu tazkiyah al-nafs (pembersihan jiwa). Tazkiyah itu bertujuan membentuk tingkah laku baru yang dapat menyimbangkan roh, akal, dan badan seseorang sekaligus</em></p> Muzdalifah Copyright (c) 2024 Muzdalifah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.sitasi.id/silabus/article/view/118 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0000 Konsep Manusia Dalam Kajian Filosofis Pendidikan Islam https://jurnal.sitasi.id/silabus/article/view/120 <p><em>Konsep pendidikan berhubungan erat dengan konsep manusia itu sendiri. Bagaimana konsep seseorang tentang manusia begitulah konsepsinya tentang pendidikan, karena pendidikan itu adalah usaha untuk mewujudkan manusia yang dikonsepsikan. Konsepsi Islam tentang manusia dalam pendidikan bersifat holistik. Di dalam makalah dijelaskan konsep manusia yang memiliki hakikat yang mulia, harkat dan martabat yang tinggi serta konsep manusia yang bersifat multidimensional dan multipotensial. Oleh karena itu upaya pendidikan dalam Islam hendaklah berusaha seoptimal mungkin untuk mewujudkan hakikat kemanusiaan peserta didik serta mengangkat harkat dan martabat mereka, di samping meluaskan dimensi kehidupan dan mengembangkan potensi. Sistem baru pendidikan dalam Islam ditentukan oleh konsep baru (new) manusia dalam pemikiran Islam</em></p> Destri Copyright (c) 2024 Destri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.sitasi.id/silabus/article/view/120 Thu, 12 Sep 2024 00:00:00 +0000 Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Masa Ibnu Taimiyah https://jurnal.sitasi.id/silabus/article/view/121 <p><em>Pendidikan Islam ialah suatu bidang studi yang banyak menarik perhatian dari para ilmuwan. Pemikiran Ibnu Taimiyah ialah salah satu wujud pendidikan yang merespon berbagai masalah masyarakat Islam pada saat itu yang menuntut pemecahan secara strategis melalui jalur pendidikan. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu falsafah pendidikan, tujuan pendidikan, kurikulum, metode, bahasa pengantar dalam pengajaran dan perbandingannya dengan pendidikan kontemporer pada masa sekarang. Untuk memperoleh hasil penelitian, penulis menggunakan metode library research dengan pendekatan deskriptif yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kajian ini membahas teori dan pemikiran pendidikan intelektual muslim klasik Ibnu Taimiyah. Adapun metode pemikiran pendidikan Islam menurut Ibnu Taimiyah yaitu berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah melalui pemahaman yang mendalam dan jernih. Dalam penelitian ini penulis juga menganalisis pemikiran pendidikan sekarang terhadap pemikiranpendidikan Ibnu Taimiyah agar dapat diambil pembaharuannya sebagai inovasi yang patut diaplikasikan bagi dunia pendidikan Islam di Indonesia untuk saat ini.</em></p> Linda Agustin Copyright (c) 2024 Linda Agustin https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.sitasi.id/silabus/article/view/121 Tue, 17 Sep 2024 00:00:00 +0000